Guru adala !"#d$d$% !r&'"(($&#al d"#)a# *u)a( u*a+a adala +"#d$d$%, +"#)a-ar,#d$d$%a# '&r+al, !"#d$d$%a# da(ar da# !"#d$d$%a# +"#"#)a0
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih dan mengevaluasi peserta didik. Profesional yang dimaksud adalah suatu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Laporan refleksi dibuat sebagai gambaran instropeksi diri guru untuk menjadi lebih profesional.
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, ada baiknya guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil kegiatan pembelajaraan dan hasil refleksi pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk perbaikan kegiatan pembelajaran di masa yang akan datang. Refleksi dilakukan oleh guru yang bersangkutan dengan memperhatikan hal-hal yang terjadi selama kegiatan pembelajaran.
Berikut contoh lembar refleksi guru setelah melakukan kegiatan pembelajaran :
LEMBAR
REFLEKSI
SETELAH
MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
:
|
…………………. |
|
Kelas |
: |
…………………. |
NIP/NUPTK |
: |
…………………. |
|
Tema |
: |
…………………. |
Sekolah |
: |
…………………. |
|
Subtema |
: |
…………………. |
Hari/Tanggal |
: |
…………………. |
|
Pembelajaran Ke |
: |
…………………. |
1) Apakah kegiatan membuka pelajaran
yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran
dengan baik?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2) Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan?
(Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan
kemampuan awal siswa ?)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3) Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan ?
(Apakah media sesuai dan mempermudah siswa
menguasai kompetensi / materi yang diajarkan?)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4) Bagaimana tanggapan siswa
terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5) Apakah siswa dapat menangkap
penjelasan / intruksi yang saya berikan dengan baik ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6) Bagaimana tanggapa siswa terhadap
latihan atau penilaian yang saya berikan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7) Apakah siswa telah mencapai
penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8) Apakah saya telah dapat mengatur
dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9) Apakah kegiatan menutup pelajaran
yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
pembelajaran yang saya sampaikan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10) Apakah
rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (Jika
tidak seleuruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuian rencana pembelajaran
dengan baik?)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan perbaikan dapat dilakukan dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat, supervisi kepala sekolah dan mengikuti kegiatan KKG.
Semoga bermanfaat ....