Lembar Refleksi Guru Setelah Melakukan Kegiatan Pembelajaran


Guru adala !"#d$d$% !r&'"(($&#al d"#)a# *u)au*a+adala +"#d$d$%, +"#)a-ar,#d$d$%a# '&r+al, !"#d$d$%a# da(ar da# !"#d$d$%a# +"#"#)a0

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih dan mengevaluasi peserta didik. Profesional yang dimaksud adalah suatu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. 

Laporan refleksi dibuat sebagai gambaran instropeksi diri guru untuk menjadi lebih profesional.

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, ada baiknya guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil kegiatan pembelajaraan dan hasil refleksi pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk perbaikan kegiatan pembelajaran di masa yang akan datang. Refleksi dilakukan oleh guru yang bersangkutan dengan memperhatikan hal-hal yang terjadi selama kegiatan pembelajaran.

Berikut contoh lembar refleksi guru setelah melakukan kegiatan pembelajaran :

LEMBAR REFLEKSI

SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

 

Nama Guru

:

………………….

 

Kelas

:

………………….

NIP/NUPTK

:

………………….

 

Tema

:

………………….

Sekolah

:

………………….

 

Subtema

:

………………….

Hari/Tanggal

:

………………….

 

Pembelajaran Ke

:

………………….

 

1) Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2)   Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? 

       (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

3)    Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan ? 

      (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang diajarkan?)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

4)   Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan ?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

5)      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan / intruksi yang saya berikan dengan baik ?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

6)  Bagaimana tanggapa siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan ?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

7)  Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

8) Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

9)   Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang saya sampaikan ?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

10) Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (Jika tidak seleuruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuian rencana pembelajaran dengan baik?)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Kegiatan perbaikan dapat dilakukan dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat, supervisi kepala sekolah dan mengikuti kegiatan KKG.


Semoga bermanfaat ....

Post a Comment

أحدث أقدم