RPP KELAS 6 TEMA 6 (BUMIKU)
KURIKULUM 2013 REVISI
Diawal semester 2 Tahun Pelajaran 2018-2019 ini, tentu semua guru harus mempersiapkan administrasi kelasnya. Salah satu administrasi kelas yang penting adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP harus dibuat oleh setiap guru agar kegiatan belajar mengajar terprogram, berkesinambungan dan sesuai dengan pelajaran yang ada di Kurikulum.
RPP merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki oleh setiap guru. Jadi guru tidak hanya datang, mengajar tanpa ada rencana apa yang hendak dipelajari.
Pada Tema 6 (BUMIKU) terdiri dari 3 Subtema yaitu :
1. Subtema 1 : Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
2. Subtema 2 : Masyarakat Sehat, Masyarakat Kuat
3. Subtema 3 : Membangun Masyarakat Sehat
RENCANA
PELKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN PARAPAT 1
Kelas / Semester : VI
(Enam) / 2
Tema 6 : Menuju
Masyarakat Sehat
Sub Tema 1 : Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa
lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi
makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Mengumpulkan
informasi penting dari teks laporan investigsi tentang campuran dan larutan
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis
teks laporan investigasi tentang campuran dan larutan
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; obyektif; jujur; Kerja sama; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan
campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan
yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Melaporkan
secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan
IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusi dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat,
kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan
pengaruh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media
(lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Mengomunikasikan
pengarunh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup
sehat dengan benar.
¡ Setelah berdiskusi, siswa mampu
memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk
hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
¡ Setelah melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa mampu membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
dengan menunjukkan sikap peduli.
¡ Setelah melakukan percobaan dan
berdiskusi, siswa mampu membuat laporan secara tertulis untuk hasil percobaan
tentang campuran dan larutan dengan benar.
¡ Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menulis laporan percobaan dengan menggunakan kalimat efektif dan kata baku
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Eksplorasi untuk membedakan campuran dan larutan
¡ Menulis teks laporan investigasi berdasarkan pengamatan.
¡ Menelaah interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan
yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan
dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap
kelompok terdiri dari 5 siswa.
¡ Siswa mengamati gambar yang ada di
buku siswa. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan masyarakat di ‘Kampung
Sehat Melati’.
(Mengamati)
¡ Mintalah siswa untuk mengamati gambar
dengan saksama.
¡ Siswa mendiskusikan hal tersebut
dengan kelompoknya. (Mengekplorasi)
¡ Guru meminta satu kelompok untuk mempresen-tasikan hasil diskusinya di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡ Siswa lain bisa bertanya, memberikan
pendapat atau sanggahan dari presentasi temannya. (Mengasosiasi)
¡ Siswa membaca teks dengan membaca
teks dalam hati. Waktu untuk membaca teks adalah 5 menit. (Mengamati)
¡ Setelah membaca teks, setiap siswa
membuat 2 pertanyaan tentang teks yang dibacanya. (Menanya)
¡ Dalam kelompok, siswa mendiskusikan
pertanyaan yang dibuat.
¡ Hasil diskusinya ditulis pada
kalender bekas. (Mengasosiasi)
¡ Setiap perwakilan kelompok
berkeliling ke kelompok lain untuk melihat hasil.
¡ Perpindahan ditandai dengan aba-aba
tepuk tangan 3 kali dari guru.
¡ Siswa secara individu mengisi grafik
organizer tentang “Kegiatan Masyarakat di Kampung Sehat Melati” yang ada di
buku siswa.
¡ Siswa menulis kesimpulan tentang
kaitan antara kegiatan PHBS yang dilakukan masyarakat dengan kesehatan
masyarakat. (Mengasosiasi)
¡ Siswa memberikan contoh kegiatan PHBS
yang dilakukan di lingkungan masyarakat mereka.
¡ Siswa menyampaikan hasilnya secara
berpasangan.
(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa mengamati kembali gambar
kegiatan warga di Kampung Sehat Melati. (Mengamati)
¡ Siswa menjawab pertanyaan yang ada di
buku siswa.
(Menanya)
¡ Guru meminta beberapa siswa untuk
menyampaikan pendapatnya di depan kelas
¡ Guru memberikan penguatan.
¡ Siswa menjawab pertanyaan di buku
siswa.
¡ Siswa mengamati gambar proses pembuatan
oralit.
¡ Siswa dibagi dalam kelompok, setiap
kelompok terdiri dari 3 siswa.
¡ Setiap kelompok mempraktikkan proses
pembuatan oralit. (Mengekplorasi)
¡ Setelah melakukan percobaan, siswa
mendiskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.
¡ Setiap kelompok menyampaikan hasil
diskusinya di depan kelas.
(Mengkomunikasikan)
¡ Guru memberikan penguatan.
¡ Siswa menulis laporan berdasarkan
hasil percobaan (Mengekplorasi)
|
35 Menit x
30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan
salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat ” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gelas
¡ Garam
¡ Air
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
Kerja sama, dan Peduli.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan
jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
||
Percaya
Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
1
|
Sultan
Haykal
|
|||
2
|
Aisy
Anindya
|
|||
3
|
…..
|
Keterangan: 1: Kurang 2 : Cukup 3
: Baik 4 : baik sekali
b. Penilaian
pengetahuan dan keterampilan muatan mapel
1) Pengetahuan
1. Apa saja perilaku
hidup sehat yang ditunjukkan oleh masyarakat di Kampung Sehat Melati?
2. Apa kegiatan yang
dilakukan oleh warga Kampung Sehat Melati sebulan sekali?
3. Apa kaitan antara pengelolaan sampah dengan
kesehatan masyarakat?
4. Apa yang kamu
rasakan ketika hasil kerja kerasmu dihargai orang lain? Bagaimana cara kamu menunjukkan
penghargaan kepada orang lain? Larutan apa saja yang kamu gunakan dalam
kehidupan sehari-hari? Apa manfaatnya bagimu dan orang lain?
2) Keterampilan
3. Penilaian
1. IPA
dan Bahasa Indonesia: membuat laporan
Kreteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Lankah-langkah
|
Menjelaskan langkah-langkah
percobaan dengan lengkap, runtut, dan benar
|
Menjelaskan langkah-langkah
percobaan dengan lengkap namun kurang runtut
|
Menjelaskan langkah-langkah
percobaan dengan runtut namun ada beberapa bagian yang tidak lengkap
|
Menjelaskan
langkah-langkah
percobaan
dengan tidak
runtut dan
tidak
lengkap
|
Perubahan dan
penyebabnya
|
Menjelaskan perubahan
yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan benar dan terperinci
|
Menjelaskan perubahan
yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan benar, namun kurang rinci
|
Menjelaskan perubahan
yang terjadi pada percobaan dengan benar dan rinci namun tidak menjelaskan alasannya
dengan tepat
|
Menjelaskan perubahan
yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan kurang tepat dan tidak terperinci
|
Kesimpulan
|
Menuliskan kesimpulan
hasil percobaan dengan benar dan terperinci
|
Menuliskan kesimpulan
hasil percobaan dengan benar namun kurang terperinci
|
Menuliskan kesimpulan
hasil percobaan dengan kurang tepat
|
Menuliskan kesimpulan
hasil percobaan dengan tidak tepat
|
Kata
baku
|
Semua tulisan ditulis
dengan kata baku
|
75% tulisan ditulis
dengan kata baku
|
50% tulisan ditulis
dengan
kata baku
|
25% tulisan ditulis
dengan kata baku
|
Tanda baca
|
Semua tulisan menggunakan
tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya)
|
75% tulisan menggunakan
tanda baca yang benar
|
50% tulisan menggunakan
tanda baca
yang benar
|
25% tulisan menggunakan
tanda baca yang benar
|
Kalimat efektif
|
Semua tulisan ditulis
dengan kalimat efektif
|
75% tulisan ditulis
dengan kalimat efektif
|
50% tulisan ditulis
dengan
kalimat efektif
|
25% tulisan ditulis
dengan kalimat efektif
|
2.
Rubrik diskusi
Kreteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Mendengarkan
|
Mendengarkan teman
yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan
|
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
P
|
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
|
Komunikasi non
verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan
komunikasi non verbal dengan tepat
|
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
P
|
Sering merespon kurang
tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang ditunjukkan
teman
|
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan menginspirasi
teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
|
Berbicara dan menerangkan
secara rinci, merespon sesuai dengan topik
|
Berbicara dan menerangkan
secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik
|
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung
P
|
3.
Penilaian sikap (peduli)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
TITI
SULMIATI, S.Pd
NIP. 19590424 197702 2 001
|
Cibodas, Juli 2018
Guru Kelas VI-B
RIANA
SIMANUNGKALIT, S.Pd
NIP. 19600112 198201 2 004
|
Untuk RPP Tema 6 (BUMIKU) dapat diunduh di unduh RPP Kelas 6 Tema 6
Semoga bermanfaat....
Kritik dan sarannya ditunggu ya