Kelas 2 dalam tema 7 subtema 1 pembelajaran ketiga memuat 3 mata pelajaran, yaitu PKn, Bahasa Indonesia dan Matematika. Mari kita bahas masing-masing pelajaran tersebut.
PKn
Perhatikan gambar berikut !
SIlaturahmi Keluarga
Dirumah Siti sedang diadakan acara silaturahmi keluarga.
Silaturahmi keluarga diadakan setiap bulan.
Suasana silaturahmi menandakan kebersamaan dalam keluarga.
Semua hidup rukun.
Siti membantu ibu menyiapkan kue.
Ibu membuat kue puding.
Ibu mencetak kue dengan ukuran kecil.
Ada yang diberi warna cokelat.
Ada yang berwarna putih.
Ada yang diberi warna hijau.
Ada yang diberi warna merah.
Semua menggunakan pewarna alami.
Anak-anak bermain sambil menikmati kue puding.
Mereka bergembira mendengarkan cerita satu sama lain.
Pertanyaan-pertanyaan lisan yang dapat diajukan kepada anak :
1. Apa warna kesukaanmu ?
2. Apa warna kesukaan teman mainmu ?
3. Sebutkan warna kesukaan salah satu teman dikelasmu !
Lalu beri siswa pengertian tentang hidup rukun, pentingnya hidup rukun dan apa yang akan terjadi jika kita tidak hidup rukun.
Hidup rukun merupakan hidup yang saling menghargai, saling menghormati serta saling menyayangi diantara sesama manusia.
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain.
Hidup rukun merupakan pengamalan sila ketiga Pancasila.
Beri pertanyaan kepada siswa secara lisan :
1. Bagaimana bunyi sila ketiga Pancasila ?
2. Apa lambang sila ketiga ?
Setelah siswa menjawab, jelaskan bahwa hidup rukun sangat diperlukan agar tidak terjadi perpecahan dan perselisihan.
Bahasa Indonesia
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tanyakan kepada siswa apakah masih ingat apa arti fabel ?
Fabel adalah cerita tentang kehidupan hewan.
Lalu ceritakan sebuah cerita tentang binatang yang bapak/ibu ketahui secara lisan dan siswa menyimak cerita tersebut.
Setelah selesai, beri beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mencari tahu apakah siswa menyimak cerita lisan tadi atau tidak.
Matematika
pada pelajaran kali ini mulai mengelakan kepada siswa tentang pecahan sepertiga.
Bapak/ibu dapat menjelaskan pecahan sepertiga menggunakan gambar diatas.
Akan lebih baik jika bapak/ibu menyediakan sebuah benda lalu memotongnya menjadi 3 bagian sama besar. Lalu menjelaskan kepada siswa setiap potongan bernilai sepertiga. Benda yang digunakan dapat berupa buah dan makanan. Setelah selesai belajar, buah/makanan tersebut dapat dinikmati oleh siswa.
Belajar tak harus selalu menulis, menyalin dan mengerjakan tugas.
Mendengarkan penjelasan, menyimak dan praktek juga merupakan belajar yang biasanya sangat disukai oleh siswa.
Selamat belajar ....