Menghitung Perkalian Dengan Cara
Penjumlahan Berulang
Penjumlahan Berulang
Pada pelajaran kelas 2 SD Tema 2 Kurikulum 2013 revisi 2017 ada materi pelajaran
tentang perkalian sebagai bentuk penjumlahan berulang.
Bagi orang dewasa, 2 x 3 dan 3 x 2 sama saja hasilnya yaitu 6.
Tapi pada siswa kelas 2 yang belum mengenal perkalian, penggunaan penjumlahan
berulang pada perkalian agar siswa dapat lebih mudah memahami konsep perkalian
dan menghitung hasilnya.
tentang perkalian sebagai bentuk penjumlahan berulang.
Bagi orang dewasa, 2 x 3 dan 3 x 2 sama saja hasilnya yaitu 6.
Tapi pada siswa kelas 2 yang belum mengenal perkalian, penggunaan penjumlahan
berulang pada perkalian agar siswa dapat lebih mudah memahami konsep perkalian
dan menghitung hasilnya.
Banyak yang bertanya-tanya mengapa harus selalu dengan penjumlahan berulang
padahal hasil akhirnya tetap sama. Hal ini karena pada kelas 1 siswa baru belajar
tentang penjumlahan, maka untuk mengenalkan perkalian digunakan cara penjumlahan
berulang agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran.
padahal hasil akhirnya tetap sama. Hal ini karena pada kelas 1 siswa baru belajar
tentang penjumlahan, maka untuk mengenalkan perkalian digunakan cara penjumlahan
berulang agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran.
Penjelasan sederhananya, perkalian adalah penjumlahan berulang.
Pada perkalian 5 x 4 penjelasannya seperti ini
5 x 4 sama dengan 5 kali penjumlahan angka 4 atau angka 4 yang dijumlahkan
sebanyak 5 kali hasilnya 20
sebanyak 5 kali hasilnya 20
Contohnya lainnya :
1. 3 x 4 sama dengan 3 kali penjumlahan angka 4 hasilnya 12
2. 4 x 3 sama dengan 4 kali penjumlahan angka 3 hasilnya 12
Dengan mempelajari hal ini, siswa dapat memahami konsep perkalian sebagai
penjumlahan berulang.
penjumlahan berulang.
Semoga bermanfaat.....